Friday, November 4, 2011

Masalah Komunikasi Anak (gagap)

Ada banyak anak yang memiliki masalah dengan ucapan mereka sejak usia dini. Dalam artikel ini kita akan membahas mengupas hal ini yang dimana dikenal sebagai gagap.

Gagap biasanya dimulai sejak kecil dan sering disebut sebagai anak gagap. Hal tersebut mengkhawatirkan baik bagi orang tua dan anak dan sulit untuk mengetahui di mana mencari bantuan. Ada banyak pandangan yang berbeda dan saran yang diberikan kepada para orang tua. Beberapa orang menyarankan untuk mengabaikan masalah tersebut karena pasti akan hilang dengan sendirinya kelak.  Sedangkan yang lain menyarankan kursus terapi bicara.

Gagap datang dalam berbagai bentuk. Keluarga dan teman-teman bahkan mungkin tidak menyadari bahwa orang yang mereka tahu memiliki masalah gagap. Orang yang memiliki masalah gagap mungkin merupakan seseorang yang sangat pintar menyembunyikan hal itu. Mereka melakukan ini dengan menghindari kata-kata tertentu atau dengan mencari kata-kata alternatif. Hal tersebut membutuhkan banyak usaha untuk menutupinya dan dampaknya bahkan akan mengejutkan orang-orang ketika mereka mengetahuinya.

Masalah gagap biasanya terjadi lebih ketika seseorang:

- di bawah tekanan
- sangat lelah
- bertemu orang baru
- berbicara dalam situasi yang tidak nyaman
- mengajukan pertanyaan, misalnya menanyakan arah
- memperkenalkan orang

Terapi Gagap:

Kebanyakan orang pertama kali akan mencoba terapi bicara atau patologi wicara. Atau mereka dapat mengikuti kursus pidato yang dapat dalam kelompok atau secara satu-lawan-satu

 
Saya pribadi lebih suka dan menyarankan 1-1 program gagap karena saya percaya setiap orang yang memiliki gagap dengan tipe gagap tersendiri.

No comments:

Post a Comment